Rabu, 26 Februari 2014

Jangan berhenti bersyukur

Pada pagi yang Alhamdulillah diturunkan rezeki dari langit ini mungkin saya sekedar ingin sharing-sharing sedikit mengenai bersyukur.

Mungkin banyak dari kita termasuk Saya juga terkadang lupa untuk bersyukur.  Misalnya dapat nilai bagus, diberi hadiah oleh orang tua atau mungkin yang paling kita sering lupakan adalah bersyukur kita masih bisa terbangun dari tempat kita merebahkan diri untuk tidur dan sebenarnya masih sangat banyak contoh lainnya.

Kenapa sih kita harus bersyukur?
 Masih perlu ditanya lagi?  Sudah jelas disebutkan dalam firman Allah.

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (ni’mat)-Ku.“(QS. 2:152)

Selain ayat ini ada beberapa ayat lagi yang menyatakan bahwa bersyukur itu adalah  wajib

Emangnya kalau bersyukur kita dapet apa?
“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. 14:7)

Kalau bersyukur ya nikmat kita bakal ditambah loh.


Selain itu juga dengan bersyukur kita bisa mencegah diri kita untuk jadi orang yang buruk.

 Kok bisa?
Ya bisa, dengan bersyukur kita bisa akan berpuas dengan keadaan nikmat yang sudah Allah berikan.  Liat aja tuh orang-orang yang suka korupsi, mereka ga bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan makannya mereka merasa miskin dan butuh melakukan korupsi untuk jadi lebih kaya lagi, padahal bisa jadi mereka sebenarnya sudah kaya.

Hmm gimana sih caranya bersyukur?mengucapkan Alhamdulillah?
Bersyulur itu banyak caranya sob, ga sekedar bilang Alhamdulillah saja sih.  Kita bersyukur dengan cara beribadah kepada Allah.  Ya, kita beribadah itu bukan sekedar menjalankan kewajiban atau ibadah kalau ada maunya aja.  Beribadah itu juga bisa bentuk syukur kita atas apa yang diberikan oleh Allah.
 Selain itu tidak mengeluh itu juga bagian dari bersyukur loh.  Mungkin kadang tanpa sadar juga kita mengeluh, misalnya "Yah hujan mulu sih".   Padahal mengeluh itu juga bisa jadi bagian dari menolak atas nikmat yang Allah berikan.  Karena itu berusahalah untuk tidak mengeluh.


Kalau kamu punya seribu alasan untuk tidak bersyukur maka Allah tidak terhingga alasan agar kamu bersyukur

So jangan cari-cari alasan lagi sob, jangan pernah berhenti untuk bersyukur atas semua nikmat yang sudah diberikan oleh Allah swt  :)




"Maka nikmat mana lagi kah yang kau dustakan?"  
(Surat Ar-Rahman)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar